Kalimat Transitif Dan Intransitif - Madridista Lamongan
Headlines News :

Flickr Images

Popular Posts

Video Of Day

Home » , , , » Kalimat Transitif Dan Intransitif

Kalimat Transitif Dan Intransitif

Written By Vieri Fath on Sunday, February 17, 2013 | 7:13 PM

Dengan sehubungan ... pelajaran kemarin Sabtu bahasa Indonesia..
saya telah menemukan Apa itu Kalimat Transitif dan Intransitif...

Langsung saja saya jelaskan yaa...


KALIMAT TRANSITIF

Yang dimaksud dengan kalimat transitif adalah kalimat yang mempunyai obyek seperti: SPO, SPOK, KSPO.

Contoh :
  1. Ibu memasak ikan (SPO)
  2. Saya menyapu halaman di pagi hari (SPOK)
  3. Di sekolah saya belajar matematika (KSPO)
  4. Saya menendang bola.
  5. Dia memanjat pohon.
  6. Kamu menggunting kertas.
  7. Mereka melempar batu.
  8. Kami mengerjakan PR

KALIMAT INTRANSITIF

Sedangkan kebalikan dari kalimat transitif adalah kalimat Intransitif. Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak mempunyai obyek seperti : SP, KSP, SPK.

Contoh :
  1. Adik menangis (SP)
  2. Di lapangan saya bermain (KSP)
  3. Ani pergi di siang hari (SPK)
  4. Saya bernyanyi.(SP)
  5. Dia tidur.(SP)
  6. Kalian berlari.(SP)
  7. Mereka berjalan.(SP)
  8. Kami sedang mandi.(SP)
  9. Mereka berangkat minggu depan. ( SPK)
  10. Vieri sedang melompat (SP)





Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VISITOR

 
Sumber Berita : Bola.net | Media Twitter | Madridista Sejati C.F
Pena Madridista Lamongan Vieri Fath
Copyright © 2011. Madridista Lamongan - All Rights Reserved
Original Design by Vieri Fath Ayuba Hak Cipta Dilindungi